PERANCANGAN SISTEM KERJA PEMBUATAN KERIPIK BALADO ROHANA KUDUS DENGAN PERTIMBANGAN ASPEK ERGONOMI

1 12 2009

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Pekerja merupakan aset penting bagi terjaminnya kelangsungan hidup perusahaan, tetapi seringkali perusahaan kurang memperhatikan kebutuhan dan kepentingan pekerja. Masih banyaknya perusahaan yang proses produksinya tidak didukung oleh metode yang standard dan fasilitas kerja yang ergonomis menyebabkan pekerja sering mengalami keluhan-keluhan pada bagian tubuhnya. Keluhan-keluhan yang timbul diakibatkan tidak adanya fasilitas kerja yang ergonomis dan sesuai dengan postur tubuh pekerja sehingga menyebabkan pekerja terasa kurang nyaman.
Kenyamanan dalam bekerja merupakan salah satu hal yang penting dalam proses produksi, dengan memperhatikan kenyamanan dalam bekerja maka akan dapat mengurangi terjadinya keluhan-keluhan dalam bekerja seperti pegal-pegal otot leher, punggung dan sebagainya.
Berdasarkan pengamatan awal di usaha keripik balado rohana kudus, proses produksinya dilakukan secara manual dimana peralatan yang digunakan adalah tungku, sendok penggorengan, kuali, bak pencucian, dan sebagainya. Untuk pencucian ubi dilakukan di bak pencucian dengan posisi yang membungkuk, hal ini menyebabkan keluhan-keluhan bagi pekerja, begitu juga untuk bagian tungku penggorengan dan pembuatan sambal, posisi pekerja dalam bekerja yaitu berdiri dan agak membungkuk, dan berhadapan langsung dengan tungku yang menimbulkan paparan panas yang cukup tinggi, untuk satu kali proses penggorengan diperlukan waktu rata-rata ± 6 menit, hal ini dapat membuat pekerja harus mengeluarkan tenaga ekstra selama proses produksi berlangsung.
Dalam melakukan pekerjaannya, pekerja banyak mengalami keluhan-keluhan seperti pegal-pegal setelah melakukan pekerjaan, cepat lelah, nyeri otot dan sebagainya, sehingga berdampak buruk terhadap kinerjanya. Selain itu adanya suhu panas dan sikap kerja yang kurang baik juga mempengaruhi kualitas kerja. Jika hal ini tidak diatasi dengan segera maka kenyamanan dalam bekerja tidak dapat diciptakan serta sistem kerja yang mempertimbangkan kemampuan dan keterbatasan manusia dalam melakukan pekerjaannya juga tidak akan tercapai, sehingga akan merugikan perusahaan dan pekerja itu sendiri.

1.2 PERUMUSAN MASALAH
Pada bagian penggorengan ini pekerja bekerja dengan posisi agak membungkuk sehingga menimbulkan keluhan-keluhan seperti cepat lelah, sakit punggung dan lengan, pada tungku penggorengan ini menggunakan bahan bakar minyak tanah, dimana pada bagian tungku pembakaran ini menimbulkan paparan panas yang cukup tinggi. Dalam aktivitasnya pekerja bagian penggorengan ini, bekerja berhadapan langsung dengan tungku penggorengan, dan untuk satu kali proses penggorengan membutuhkan waktu ± 6 menit, hal ini membuat pekerja harus mengeluarkan tenaga ekstra selama proses produksi berlangsung.
Untuk sekali pengangkatan bahan baku yang akan digoreng, operator harus membungkuk untuk mengambil bahan baku ubi yang akan digoreng dari bagian pencucian, pengangkatan dengan bantuan bak besar dan didekatkan dibagian tungku penggorengan.
Kondisi dan posisi pekerja yang seperti ini dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang dan lengan, dan hal ini jelas akan mengurangi kemampuan operator dalam bekerja. Dibagian penggorengan ini disamping menimbulkan paparan panas yang cukup tinggi juga penataan bahan baku yang kurang teratur serta kurang higienis serta penanempatan peralatan kerja yang tidak jelas perlu diatur dan ditata ulang kembali, meja kerja tungku penggorengan yang perlu dikaji dan dirancang kembali supaya lebih ergonomis sehingga kenyamanan dalam bekerja dapat tercipta.
Beranjak dari masalah ini, maka Tugas Akhir ini membahas dan memfokuskan dengan judul “Perancangan Sistem Kerja Bagian Penggorengan Pembuatan Keripik Balado Rohana Kudus Dengan Pertimbangan Aspek Ergonomi”.

1.3 TUJUAN PENELITIAN
Adapun Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Memperbaiki sikap kerja operator bagian penggorengan
2. Memperbaiki metode kerja untuk mengurangi beban kerja operator yang terjadi saat bekerja
3. Menata peralatan dan posisi bahan baku serta merancang meja kerja yang ergonomis
4. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja bagian penggorengan

1.4 BATASAN MASALAH
Agar dapat dipahami dan tetap terarah serta mencapai tujuan, maka diperlukan beberapa pembatasan masalah, yaitu sebagai berikut:
1. Penelitian difokuskan hanya pada bagian penggorengan
2. Data antropometri yang diambil adalah data ukuran tubuh pekerja di Usaha Keripik Balado Rohana Kudus Padang dan data dari balai Hiperkes padang.
3. Analisa rancangan berdasarkan aspek ergonomi
4. Penelitian terbatas pada perancangan fasilitas dan metode kerja yang ergonomi

1.5 ASUMSI
1. Kemampuan semua operator diasumsikan sama
2. Keadaan yang diteliti adalah keadaan sekarang
3. Pekerja pembuat keripik balado bekerja dengan kondisi yang normal

1.6 SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk mempermudah dalam penyusunan dan pemahaman laporan tugas akhir ini akan dibagi menjadi beberapa bab dan sub bab, dan isi dari masing-masing bab dapat diuraikan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah yang diangkat, perumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, asumsi, dan sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menyangkut tinjauan pustaka yang berisi tentang teori-teori dan pemikiran yang digunakan sebagai landasan dalam pemecahan masalah penelitian.
BAB III PENGKAJIAN SISTEM
Berisikan gambaran umum tentang perusahaan seperti sejarah perusahaan, proses produksi. Selain itu juga mengkaji keadaan sistem kerja pada saat itu dan fakta-fakta yang menunjukkan perlunya dilakukan perancangan berdasarkan analisis permasalahan aktifitas pendorong manual yang dilakukan operator.
BAB IV PROSES PERANCANGAN
Berisi tentang proses dan tahap-tahap dalam perancangan sikap kerja untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Pada bab ini juga memuat pengumpulan data-data yang diperoleh dan diperlukan dalam proses perancangan, seperti berisi proses perhitungan dan metoda-metoda yang digunakan dalam pengolahan data, sehingga diperoleh suatu rancangan sikap kerja operator.
BAB V EVALUASI HASIL RANCANGAN
Bagian ini berisikan tentang evaluasi yang dilakukan terhadap hasil rancangan yang berorientasi pada tujuan perancangan sikap kerja. Apabila hasil rancangan sudah memenuhi tujuan dari perancangan sikap kerja tersebut.
BAB V PENUTUP
Bagian ini berisikan kesimpulan dan saran dari analisa yang telah diperoleh dengan rangkuman yang jelas, akurat dan ringkas dari pemecahan permasalahan perancangan sistem kerja dan solusi yang tepat terhadap permasalahan proses produksi.

DAFTAR PUSTAKA

Barnes, M Ralph, Motion And Time Study Design And Measurement of Work, Seventh Edition, Chichhester New York: John wiley and Sons

Fitria, Diesrita. TA 2007. Perancangan Sitem Kerja Pembuatan Keripik Sanjai Berdasarkan Hasil Analisa Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment). Padang: Teknik Industri UBH Padang.

http://www.depkes.go.id [online]

http://www.arif-sugiri.blogspot.com/2007 [online]

Nurmianto, Eko. 2003. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya.

Suma’mur. Ergonomi Untuk Produktivitas Kerja. Jakarta: CV.Haji Masagung
Sutalaksana, Iftikar. 1979. Teknik Tata Cara Kerja, Edisi Pertama. Bandung: Teknik Industri-ITB

Sutalaksana, Iftikar. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja, Edisi Kedua. Bandung: Teknik Industri-ITB

Tim Asistem Lab. Statistik Industri UBH. 2006. Buku Pandual Laboratorium Statistik Industri. Padang: Tekik Industri UBH Padang.

Umar, Husein. (1997). Metode Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Wignjosoebroto, Sritomo.2003.Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.

Yusra, Wazir. TA 2007. Perancangan Ulang Peralatan Pemotong Singkong Yang Ergonomis Pada Industri Keripik Balado Rohana Kudus. Padang: Teknik Industri UBH Padang

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: